Sering aku melihat seorang tokoh publik yang jago berbicara. Ada MC, pembawa acara, atau jurnalis. Kok aku merasa keren gitu ya...

Terus, aku tertarik juga jadi seperti mereka. Ya, aku ingin menjadi public speaking. Hm, apakah pembaca di sini ada yang mungkin tertarik untuk menjadi publik speaking yang bagus? Atau ingin menjadi moderator di sebuah acara sekolah/luar sekolah?

Saat ini sih aku sedang belajar ke arah sana. Aku banyak cari referensi untuk menjadi publik speaking yang bagus. Terus, aku dapatkan begini. Aku dapatkan cara agar publik speaking kita bagus dan menarik untuk didengar orang. Kira-kira apa aja ya?

yuk simak!

 

 

Persiapkan diri dengan baik

Sebagai MC, kita harus mengetahui secara detail tentang acara yang akan Kita bawakan. Persiapkan tulisan atau naskah acara dengan baik dan pastikan bahwa Kita memahami dengan baik setiap bagian dari acara tersebut.


Jadilah terbuka dan ramah

Sebagai MC, kita harus memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang banyak. Jadilah terbuka dan ramah dengan semua orang yang hadir di acara tersebut.

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti: Ketika Kita menjadi MC, gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang yang hadir. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal atau kaku.


Harus bisa fleksibel

Sebagai MC, Kita harus siap menghadapi segala situasi yang terjadi di acara. Jadilah fleksibel dan siap untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang ada.


Berikan energi positif

Sebagai MC, Kita harus mampu memberikan energi positif pada acara tersebut. Jadilah orang yang menyenangkan dan dapat membawa semangat pada semua orang yang hadir.

Jangan takut untuk improvisasi

Kadang-kadang situasi di acara tidak selalu sesuai dengan rencana awal. Sebagai MC, jangan takut untuk improvisasi dan membuat keputusan yang tepat untuk menjaga lancarnya acara.

 

Gimana dengan tips di atas? Apakah banyak banget kesannya? Ah, sepertinya iya. Tapi kita harus mulai satu persatu. Jangan langsung semuanya. Dan yang terpenting adalah harus berani mulai.

Kalau ada kesempatan, ambillah. Misalnya di sekolah butuh MC, coba ajukan diri. Anggap itu latihan.

Untuk latihan kita bisa dapatkan dengan menyimak dari tokoh yang sudah dikenal bagus public speakingnya. Dari internet kita bisa dapatkan contohnya. Misalnya Najwa Sihab. Apalagi kalau di rumah kita ada IndiHome, provider internet yang aksesnya kencang. Produk dari Telkom Indonesia ini terkenal di mana-mana.

Rumah-rumah dan kantor juga memasang IndiHome karena memang terpercaya. Telkom Indonesia banyak memberikan sumbangsih untuk masyarakat Indonesia agar memiliki skill yang memadai.

Tips di atas sangat mungkin dicoba. Yuk berlatih agar tidak grogi atau canggung saat berbicara di depan banyak orang. Berusahalah agar jangan takut untuk berbicara di depan banyak orang.

Jika kamu merasa belum menguasai teknik publik speaking, tidak perlu khawatir. Kamu bisa berlatih dikit demi sedikit, contohnya berbicara depan kaca, rilex dan fokus pada topik yang akan kamu bawa!Aku juga dapat tips dari internet, cara agar mengatasi gugup saat publik speaking. Yuk simak, mudah-mudahan bisa kita pakai cara ini.

Pertama, berlatih di depan cermin. Usahakan dua atau tiga kali. Semakin matang persiapan, penampilan pun semakin siap. Jangan lupa dengan siapkan materi yang akan di bawakan.

Kedua, kuasai materi agar siap saat publik speaking. Misalnya kita anak sekolah pilih tema remaja, pendidikan, media sosial, dan sejenisnya.

Ketiga, ambil jeda saat menjelaskan agar kamu tidak tambah gugup. Ya, bicara dengan tenang jangan terburu buru.

Keempat, jaga kontak mata karena itu bisa mempengaruhi kita saat berbicara. Jangan memalingkan pandangan dari mereka.

Kelima, sisipkan humor agar penonton tidak merasa bosan saat mendengarkan kita saat publik speaking. Termasuk agar suasana di sana cair dan menyenangkan.

 

Nah, tips di atas patinya bisa mengatasi gugup saat publik speaking. Terus, untuk contoh-contoh publik speaking bisa kita cari referensi di internet juga loh! Gunakan Indihome sebagai internet provider yang dipercaya banyak orang Indonesia.

IndiHome sangat membantu lebih nyaman mencari referensi tentang publik speaking di internet, Indihome juga membantu kamu dari keborosan kuota.

Oh iya, aku ada saran nih buat kamu yang lagi cari referensi di internet terutama di YouTube, kamu bisa check channel nya Maya Rachma! bisa membantu kamu agar mengatasi keraguan saat publik speaking, atau kamu bisa search saja di internet bagaimana cara agar mengatasi keraguan saat publik speaking.

Pembaca setuju nggak sih kalau public speaking itu penting ya bagi semua orang. Betul bukan? Selain melatih mental diri juga bermanfaat untuk di masa depan. Public speaking tidak membatasi umur, gender, atau jenjang pendidikan. Nah, jadi ayo semangat untuk belajar publik speaking.

Jangan ragu jika belum di coba, selagi kita berusaha, pasti bisa! Public speaking juga membantu kita menjadi pribadi lebih baik. Bisa membat pemikiran lebih dewasa dan memanage perilaku kita.

Najwa Shihab, dengan kemampuan public speaking-nya dia bisa menjadi motivator anak-anak muda di Indonesia. Najwa memang sosok yang luar biasa mengagumkan. Ingin seperti dia? Yuk kita belajar public speaking!